JURNAL VESTIFARM
7 Tips Paling Ampuh Agar Resolusi Tahun baru 2018 Gak Cuma Wacana
27 Desember 2017    Admin

Tahun 2017 sebentar lagi akan berakhir dan berganti jadi tahun 2018, bahkan moment pergantian tahun sudah mulai terasa melihat sudah banyak penjual kembang api dan terompet di pinggir jalan. Apakah kamu masih ingat resolusi tahun baru kamu di tahun 2017 kemarin ? Yuk kita ingat-ingat lagi, jangan menyesal kalau resolusi kamu setahun ini berantakan seperti hubungan kamu.

Tidak ada salahnya kok menetapkan momen untuk melakukan perubahan dalam hidupmu. Riset yang dilakukan University of Scranton menunjukkan bahwa mereka yang secara jelas menetapkan resolusi biasanya 10 kali lebih mungkin mencapai targetnya ketimbang mereka yang tidak membuat resolusi. Namun sayangnya, 75% responden hanya tahan menjalankan resolusi tahun baru selama satu minggu pertama. Wah sayang banget yah!

Apapun perubahan yang kamu inginkan di tahun 2018 nanti, pastikan kali ini bukan cuma wacana. Berikut ini 7 tips ampuh agar resolusi tahun baru kamu berhasil


1. Gunakan S.M.A.R.T Goals


Resolusi tahun baru yang ambisius namun tidak “clear”, bisa menjadi alasan utama mengapa resolusi kamu sudah alamat gagal. Misalnya, resolusi kamu berbunyi: “Tahun ini, saya tidak mau menunda-nunda pekerjaan saya lagi”, atau “Saya ingin berat badan yang ideal di tahun ini”. Sayangnya resolusi yang seperti ini-lah yang justru lebih sulit dipatuhi, karena cakupannya terlalu luas dan tidak dapat diukur. Sulit mengetahui apa yang telah kamu capai atau apa yang telah kamu jalankan.

S.M.A.R.T Goals adalah sarana menetapkan pencapaian dan evaluasi keberhasilan dalam lima langkah. Gunakan SMART Goals untuk mencapai resolusi tahun baru kamu, dengan cara berikut:

  • Specific – Persempit resolusimu menjadi lebih spesifik
  • Measurable – Kamu dapat mengukur keberhasilan resolusimu
  • Achievable – Target berada dalam jangkauanmu, realistis dengan kemampuanmu
  • Relevant – Masalah yang kamu hadapi dapat dipecahkan dengan target yang kamu pilih
  • Time-bound – Ingat tenggat waktu targetmu dan berapa lama harus dipertahankan

Setelah menggunakan SMART Goals, resolusimu bisa dipecah menjadi: “Tahun ini, saya tidak akan menghabiskan lebih dari 30 menit di hari kerja untuk buka youtube.”

bisa juga berbunyi: “Tahun ini saya harus dapat mengumpulkan uang untuk DP mobil seharga 60 Juta dengan menabung sebesar 8 juta rupiah/bulan & mulai berinvestasi”

Kedua target diatas menjadi lebih spesifik setelah dipecah menjadi hal-hal kecil dan lebih mudah ditaati. Sehingga kamu jadi lebih mudah untuk mengerjakan hal tersebut dan merasa mempunyai target yang harus dicapai di tahun 2018.

2. Tulis Resolusi Tahun Baru di Media Sosial


Tulis resolusi dan targetmu di media sosial seperti Instagram, Facebook & Twitter, pokoknya media sosial yang kamu pakai. Membagi resolusi tahun baru dengan temantemanmu di sosial media bisa membantumu melakukan komitmen secara publik kepada resolusi—dan mau tidak mau kamu harus menjalankannya supaya tidak dianggap sekedar banyak omong!

Namun seperti biasa, kamu harus berhati-hati dalam menggunakan media sosial. Jangan sampai apa yang kamu tulis di media sosial dapat menghancurkan karier dan citra profesional. Hanya bagi resolusi yang sifatnya tidak memalukan atau terlalu pribadi.

3. Jangan Bilang “Jangan”


Menurut psikolog Kim Stephenson, membungkus resolusimu dalam istilah positif akan membantu mencapai target dengan lebih baik. Ingat waktu kecil dan orang tua selalu melarang-larang, jangan ini, jangan itu? Kita malah semakin penasaran untuk melakukan apa yang dilarang orang tua.

Oleh karena itu, ganti resolusi tahun baru dari “jangan boros” menjadi “hitung setiap pengeluaran dan mulai belajar berinvestasi” atau “jangan merokok” menjadi “hidup lebih sehat dengan berolahraga” untuk membuat targetmu lebih mudah dicapai.

4. Atur Lingkungan dan Cari Rekan


Jangan remehkan pengaruh lingkungan terhadap kesuksesan. Atur lingkungan sekitar dan kantor kamu supaya tidak menghalangi resolusi kamu. Contohnya: buat tabel to do list yang siap kamu bawa setiap hari, pasang bingkai target kamu di meja kantor dan banyak cara lain.

Berusaha mencapai target yang ambisus, sepanjang hari dalam setahun, memang tidak mudah. Meminta bantuan teman dapat membuatmu terus termotivasi, bahkan ketika dirimu memikirkan alasan-alasan lain untuk tidak menjalankan target. Menurut riset dari Dominican University of California, 33% responden yang membagi resolusinya dengan orang lain cenderung lebih berhasil mencapainya.

Minta bantuan pada orang-orang terdekat untuk membantumu fokus terhadap target. Minta mereka mengingatkan dan memeriksa pencapaianmu setiap minggu atau bulan. Lebih efektif lagi jika kamu mencari teman yang sama-sama sedang menjalankan resolusi tahun baru dan mengenakan denda setiap kamu melanggar target.

5. Urutkan Prioritas Resolusi Kamu


Menentukan prioritas resolusi merupakan hal yang cukup penting dilakukan. Bayangkan jika kamu memiliki segudang resolusi yang mau kamu capai, tapi kamu bingung mana yang harus di prioritaskan terlebih dahulu, bisa-bisa waktu kamu jadi tidak efisien.

Cukup banyak cara untuk menentukan berbagai macam prioritas dalam menentukan jalan hidup. Namun garis besarnya adalah kamu harus mengetahui mana yang benar-benar dibutuhkan untuk hidup kamu. Mungkin akan ada pertanyaan “Menurut saya semunya penting karena semuanya bermanfaat”, memang menentukan prioritas terkadang sangat sulit, tapi bukan berarti mustahil.

Kamu dapat memulainya dengan mengidentifikasi semua resolusi kamu dari segi manfaat, waktu & biaya yang dikeluarkan (walaupun tidak semua resolusi memerlukan biaya). Dengan memperhatikan ketiga aspek tersebut, kamu jadi tahu mana yang paling kamu butuhkan dan sesuai dengan keadaan kamu saat ini. Cukup mudah bukan?

6. Rencanakan Reward Ketika Berhasil Meraihnya


Agar kamu semakin fokus dalam meraih tujuan, janjikan sebuah reward untuk diri kamu sendiri. Misalnya,

“Saya berjanji akan traveling bersama teman apabila berhasil meraih jabatan sebagai general manager tahun ini.”

“Saya akan menyisihkan waktu untuk makan malam bersama orang tua di tempat favorit apabila berhasil mendapatkan uang tambahan dari berinvestasi.”

Hmm, ini reward yang paling kamu tunggu, bukan?

7. Komitmen & Motivasi Diri


Terdengar klise memang mendengar kata “komitmen” dalam hal pencapaian hidup. Namun kamu harus sadar, Thomas Alfa Edison tidak dapat membuat lampu pijar hanya dalam 1 malam melainkan dengan ribuan kali percobaan.

Dalam sebuah studi, komitmen & motivasi memang sebuah faktor yang penting dalam bagi terwujudnya resolusi tahun baru sebab hal tersebut mengandung faktor pengali sebuah kesuksesan. Sehingga kerja keras yang kita lakukan akan selalu mendapatkan hasil yang lebih besar dari yang kita rencanakan.

Di atas merupakan 7 trik menyusun resolusi tahun baru 2018 versi Vestifarm, apa resolusi kamu di tahun 2018 nanti? Apa ingin segera naik jabatan? atau kamu mempunyai financial goals untuk dicapai tahun depan? apapun resolusi kamu, pastikan kamu meraihnya bersama Vestifarm, the most hype agriculture platform di Indonesia.

Rencanakan resolusi financial goals kamu dengan beragam proyek pendanaan yang menguntungkan, cepat, dan berdampak sosial hanya di Vestifarm.

sumber :
https://id.jobsdb.com/id-id/articles/5-tips-sukses-mencapai-resolusi-tahun-baru
http://mebiso.com/5-langkah-menentukan-prioritas-dan-mencapai-kesuksesan-ala-warren-buffett/

Tentang Kami

Vestifarm adalah platform bagi hasil di bidang peternakan dengan konsep patungan. Sehingga siapa pun dapat menikmati keuntungan maksimal, sekaligus berdampak bagi kesejahtaraan petani.

Kontak Kami

BNV labs, Menara by Kibar lt.5
Jl. Raden Saleh Raya No.46A, RT.1 RW.2
Jakarta Pusat - DKI Jakarta 10310