JURNAL VESTIFARM

AUG

23

2017

Kenalan sama Sapi Madura

Salah satu jenis sapi lokal Indonesia adalah sapi Madura. Sapi Madura adalah sapi potong yang memiliki kemampuan daya adaptasi yang baik terhadap stress pada lingkungan tropis, jika diberikan pakan yang kurang baik pun mampu hidup, tumbuh dan berkembang dengan baik. Sapi Madura termasuk tipe sapi potong kecil dengan bobot sekitar 300-500 kg namun memiliki persentase karkas yang cukup baik, mampu mencapai 60%. Sapi Madura merupakan sapi yang berasal dari hasil pembauran berbagai bangsa tipe sapi potong yaitu antara sapi Bali dengan Zebu, Red Denis, Santa Gestrudis, Shorthorn dengan Brahman yang memiliki warna merah coklat.

Ciri-ciri sapi Madura adalah berwarna merah bata hingga coklat yang mana warna sapi jantan dan betina sama dari lahir sampai dewasa, kepala bertanduk, pada sapi jantan memiliki gumba (punuk) sedangkan yang betina tidak tampak adanya punuk (kecil). Kadang terdapat garis punggung kehitaman-coklat tua, warna keputih2an pada daerah bawah kaki dan twist/sekitar pantat. Sumber gambar : sapi Madura di peternakan @vestifarm


Tentang Kami

Vestifarm adalah platform bagi hasil di bidang peternakan dengan konsep patungan. Sehingga siapa pun dapat menikmati keuntungan maksimal, sekaligus berdampak bagi kesejahtaraan petani.

Kontak Kami

BNV labs, Menara by Kibar lt.5
Jl. Raden Saleh Raya No.46A, RT.1 RW.2
Jakarta Pusat - DKI Jakarta 10310